Memahami jenis indikator merupakan langkah berikutnya setelah memahami jenis data yang ada. Indikator ini diperoleh setelah ada perhitungan antara berbagai jenis data, baik data non pendidikan maupun pendidikan termasuk pendidikan non formal.
1.Indikator Non pendidikan, meliputi :
a.Kepadatan penduduk (KP)
b.Persentase penduduk menurut tingkat pendidikan (%PTP)
c.Angka buta huruf/melek huruf (ABH/AMH)
d.Persentase angkatan kerja/bukan angkatan kerja (%AK/%BAK)
e.Persentase penduduk miskin (%PM)
f.Persentase penduduk menurut mata pencaharian (%PMP)
g.Persentase daerah terpencil (%DT)
2.Indikator pemerataan dan perluasan akses pendidikan, meliputi :
a.Angka Partisipasi Kasar (APK)→ TK, tingkat SD sampai SM
b.Angka Partisipasi Murni (APM) → TK (PAUD), SD, SMP dan SM
c.Angka partisipasi sekolah (APM usia tertentu) → TK (PAUD), SD, SMP dan SM
d.Angka Penyerapan Kasar (ASK) → TK dan Tingkat SD
e.Angka Penyerapan Murni (ASM) → Tingkat SD
f.Angka Melanjutkan (AM) → SD melanjutkan ke SMP, SMP melanjutkan ke SM dan SM melanjutkan ke PT
g.Rasio siswa persekolah (R-S/Sek) → TK, SD, SMP dan SM
h.Rasio siswa per kelas (R-S/K) → TK, SD, SMP dan SM
i.Rasio siswa per guru (R-S/G) → TK, SD, SMP dan SM
j.Rasio kelas per ruang kelas (R-K/RK) → TK, SD, SMP dan SM
k.Rasio kelas per guru (R-K/G) → TK, SD, SMP dan SM
3.Indikator mutu dan relevansi, meliputi :
a.Persentase siswa baru tingkat I SD/MI menurut asal (%SB)
b.Angka mengulang (AU) → SD, SMP dan SM
c.Angka putus sekolah (APS) → SD, SMP dan SM
d.Angka lulusan (AL) → SD, SMP dan SM
e.Persentase lulusan UN (%LUN) → SMP dan SM
f.Persentase kelayakan guru mengajar (%GL) → SD, SMP dan SM
g.Persentase guru menurut ijasah tertinggi (%GI) → SD, SMP dan SM
h.Persentase kesesuaian guru mengajar dgn jurusan ijasah (%GJI) → SMP dan SM
i.Persentase guru menurut bidang studi yang diajarkan (%GBS) → SMP dan SM
4.Indikator penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik
Dijabarkan dalam bentuk manajemen pendidikan berlaku bagi pendidikan persekolahan yang memiliki tingkat yaitu pendidikan dasar dan menengah. Indikator tersebut tidak secara langsung menguatkan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik tetapi mengukur manajemen pendidikan yang berkaitan dengan efisiensi internal pendidikan, meliputi :
Post a Comment