MOTTO : ## Niat, Usaha dan Tekun ##
## Shar ilmu, Pengetahuan dan Pengalaman ##

 
Preambule
Assalamu Alaikum

Saya ucapkan selamat datang kepada Saudara yang sudi berkunjung ke blog saya ini, mohon tok bisa beri : saran, masukan, kritik membangun, dan lain sebagainya

Wassalamu Alaikum
Penunjuk Massa
Visitor
users online
Web Counter Stats
leader
leader

Free shoutbox @ ShoutMix
Ukur Bandwith
Lokal
Internasional
Data dan Indikator
Friday, February 19, 2010
Data dan Indikator merupakan dua konsep yang berlainan baik secara konsep maupun secara teknis, namun keduanya berkaitan sangat erat. Data adalah bukti yang ditemukan dari hasil penelitian yang dapat dijadikan dasar kajian atau pendapat, sedangkan indikator adalah sesuatu yang dapat memberi petunjuk atau keterangan.

Secara teknis, data lebih berkaitan dengan pengumpulannya, sedangkan indicator lebih berkaitan dengan pengolahan atau hasil pengolahan. Dengan demikian, Data merupakan satuan terkecil yang diwujudkan dalam bentuk angka, huruf atau symbol yang menggambarkan nilai suatu variable tertentu sesuai dengan keadaan atau kondisi di lapangan. Angka atau huruf sering disebut sebagai data mentah atau besaran yang belum menunjukkan suatu ukuran terhadap suatu konsep atau kejala tertentu. Besaran data tersebut belum memiliki arti apa pun jika belum dilakukan pengolahan atau analisis lebih lanjut dalam bentuk informasi atau indicator.
Indikator mmerupakan suatu konsep dan sekaligus ukuran. Sebagai suatu konsep merupakan besaran kuatitatif mengenai suatu konsep tertentu yang dapat digunakan untuk mengukur proses dan hasil atau dampak dari suatu instrument kebijakan.
Sebagai ukuran kuatitatif, indicator merupakan besaran dari suatu konsep atau gejala tertentu sebagai hasil pengolahan dari dua satuan data atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Secara sederhana, indicator juga didefinisikan sebagai perbandingan antara dua atau lebih variable sehingga dapat diinterpretasikan.
Data dan indicator tidak dapat dipisahkan dan bahkan saling bergantung satu sama lain. Indikator tidak mungkin dihasilkan tanpa adanya data. Sebaliknya, data tidak memiliki acuan konseptual apa pun tanpa dilakukan pengolahan menjadi indikator. Besaran indikator merupakan sesuatu yang berguna karena dapat dijadikan ukuran yang standar bagi manajemen.

posted by Imade_batang @ 7:31 AM  
0 Comments:

Post a Comment

<< Home
 
Profile Imade

Name: imade
Home:
Lahir: Batang
Hobby:
Pingpong
Internetan
ngegame
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
1 BOS Kab. Batang
2 SD & SMP Btg
3 Jamesbond
4 ilmu Komputer
5 Klik Kanan
6 Quran Digital
7 Pustaka Islam
8 cari IP lawan??
Template



Free Blogger Templates
BLOGGER
Kolom blog tutorial

Google Translate



 Template by Isnaini Dot Com diacak - acak oleh Imade